Sunday, July 1, 2018

Sulit Fokus di Kantor? Coba Meditasi 10 Menit untuk Jernihkan Pikiran


Poker Online - Jika Anda sulit fokus bekerja karena sedang dikejar banyak deadline, pertimbangkan melipir sejenak ke tempat yang agak sepi untuk bermeditasi.

Ya. Selain bermanfaat untuk menghilangkan stres, meditasi juga bisa jadi cara yang ampuh untuk mengembalikan fokus Anda. Penasaran bagaimana cara meditasi di kantor supaya kerja bisa lebih produktif lagi? Cari tahu di sini!

Sebuah Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Brain Research Bulletin menyatakan bahwa meditasi kesadaran (mindfullness meditation) dapat meningkatkan fokus otak untuk memecahkan masalah dan memperhatikan detail. Temuan tersebut dilaporkan setelah tim peneliti meminta para peserta untuk bermeditasi dengan menghirup napas dalam-dalam selama dua bulan penuh.

Ketika para peneliti memindai aktivitas otak dari masing-masing peserta, para peserta dalam kelompok ini menunjukkan peningkatan fokus selektif yang ditandai dengan penebalan pada korteks prefrontal otak. Bagian otak tersebut merupakan area yang terlibat dalam proses penalaran yang rumit, pengambilan keputusan, dan kewaspadaan.

Sementara pada studi lain yang diterbitkan dalam Springer’s Journal of Cognitive Enhancement juga menunjukkan hal serupa. Meditasi yang dilakukan secara intens dan berkelanjutan dapat membuat menajamkan perhatian atau fokus seseorang saat mengerjakan suatu hal yang perlu tingkat konsentrasi tinggi.

Cara meditasi untuk meningkatkan fokus di kantor

Tidak perlu bermeditasi lama-lama untuk mendapatkan manfaatnya. Mulai dulu dengan sesi meditasi ringan setidaknya 5 sampai 10 menit. Begini caranya:

1. Cari tempat yang mendukung

Pilihlah tempat yang tenang dan minim gangguan sehingga tidak membuat fokus Anda terpecah. Gunakan juga pakaian yang nyaman sehingga Anda jadi lebih santai dan rileks saat melakukannya. Jika Anda di kantor, longgarkan baju kerja Anda agar tidak terasa menyesakkan.

2. Cari posisi nyaman

Rilekskan tubuh dan kendurkan bahu Anda. Anda bisa duduk bersila lalu letakkan tangan kiri di atas tangan kanan. Atau, cari posisi lainnya yang Anda rasa lebih nyaman. Yang terpenting, Anda bisa merasa santai tanpa tertidur.

3. Kosongkan pikiran dan fokuskan pada 1 hal 

Mungkin suara (dengan mendengarkan musik instrumental), bau (menghirup aromaterapi), gambar visual (memandang pemandangan atau yang hijau-hijau), atau bahkan pola pernapasan Anda sendiri. Anda tidak perlu memikirkan apa-apa, namun biarkan tubuh Anda merasakannya yang terjadi pada saat itu. Resapi dan rasakan energi yang hadir di sekitar Anda.

4. Tenangkan suara hati Anda

Jika di sela-sela meditasi di dalam lubuk hati Anda terbesit rasa khawatir tentang masa depan, karir, jodoh, keluarga dan lain sebagainya, segera alihkan perhatian Anda agar kembali ke fokus target yang Anda pilih. Rasakan lagi sensasi yang diberikannya dan biarkan pikiran Anda tetap tenang dan jernih.

5. Jangan khawatir tentang kegagalan

Poker Online - Jika pikiran Anda menggangu sehingga membuat Anda tidak bisa merasakan target fokus sepenuhnya, jangan dilawan. Mulai lagi dari awal dan atur napas secara perlahan. Bebaskan pikiran Anda dan biarkan tubuh Anda kembali menikmati sensasi yang ditawarkan dari target fokus Anda.

Dilansir laman Hellosehat, jika Anda ngotot untuk mempraktekkan cara meditasi yang sempurna, hal ini justru akan membuat Anda lebih stres. Ingat untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Anda perlu butuh waktu dan proses yang panjang. Pada dasarnya semakin sering Anda berlatih, semakin banyak pula manfaat yang akan Anda alami.


Share:

0 comments:

Post a Comment